Lewat Webinar Nasional, Asasi Ingin Pemilu 2024 Berjalan Dengan Jurdil

Rabu, 24 Januari 2024 – 18:30 WIB
Lewat Webinar Nasional, Asasi Ingin Pemilu 2024 Berjalan Dengan Jurdil - JPNN.com Jabar
Potret acara webinar “Two Hours With ASASI: Mewujudkan Pemilu Jurdil, Bisakah?. Foto : Source for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menghadapi pesta demokrasi rakyat Indonesia pada 2024, Akademisi dan Saintis Indonesia (Asasi) mengundang pakar hukum dan politik sebagai narasumber dalam acara webinar “Two Hours With ASASI: Mewujudkan Pemilu Jurdil, Bisakah?.”

Kegiatan tersebut, merupakan kontribusi Asasi sebagai bagian komponen bangsa mengawal amanat konstitusi Undang-Undang Dasar Negera RI 1945 khususnya pasal 22 E.

Dalam sambutan pembukanya, Dosen pada Sekolah Farmasi ITB sekaligus Ketua Asasi Pusat, Prof. Elfahmi Yaman menyatakan bahwa kegiatan webinar ini bertujuan untuk menggugah kesadaran publik dan pencerdasan serta upaya peningkatan literasi politik seputar pelaksanaan Pemilu 2024.

“Sudah barang tentu, kontribusi ini tidak terlepas sebagai bagian dari tanggung jawab keilmuan seorang akademisi dan saintis kepada masyarakat luas,” ucapnya.

Dia mengatakan publik memberikan perhatian yang besar terhadap hasil Keputusan Mahkamah Konsitusi yang dinilai banyak kalangan mengandung nuansa konflik kepentingan yang kuat.

“Meskipun sudah barang tentu Keputusan Mahkamah konstitusi tersebut bersifat final,” tuturnya.

Sehingga, dirinya mengingatkan bahwa proses pemilu yang sesuai dengan amanat konstitusi yaitu pemilu yang jujur dan adil, menjadi kunci dalam proses transformasi kepemimpinan bangsa serta titik awal yang menjadi penentu dalam tata kelola negara yang berkualitas dan baik.

“Sederhananya hanya proses yang baik yang bisa diharapkan memberikan hasil yang baik yang akan memberikan manfaat sebaik-baiknya untuk rakyat,” tuturnya.

Akademisi dan Saintis Indonesia (Asasi) mengundang pakar hukum dan politik sebagai narasumber dalam acara webinar Two Hours With ASASI: Mewujudkan Pemilu Jurdil
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News