Banyak TPS di Lokasi Rawan Bencana, BPBD Bogor Latih Anggotanya Penyelamatan Kotak Suara dan KPPS

Jumat, 19 Januari 2024 – 07:00 WIB
Banyak TPS di Lokasi Rawan Bencana, BPBD Bogor Latih Anggotanya Penyelamatan Kotak Suara dan KPPS - JPNN.com Jabar
BPBD Kabupaten Bogor saat menggelar apel kesiapsiagaan bencana, dan pelatihan penyelamatan kotak suara. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melatih anggotanya menyelamatkan kotak suara dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selama Pemilu 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani menjelaskan pelatihan penyelamatan kotak suara dan petugas KPPS ini dilakukan lantaran banyak lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Bogor berada dalam wilayah rawan bencana alam.

"Kami sudah melakukan pelatihan penyelamatan kotak TPS beserta anggota KPPS-nya, misalnya penyelamatan di air ataupun wilayah terjal (bila terjadi bencana)," ungkap Adam.

Menurut dia, pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk upaya BPBD Kabupaten Bogor berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi tahun ini.

Selain itu, saat ini ada 28 kecamatan yang dideteksi rawan bencana. Lokasi ini tersebar di wilayah sebelah timur, barat dan selatan Kabupaten Bogor,

"Namun, kami tidak melihat rawan atau tidaknya, tetapi kami tetap siaga dalam penanganan bencana," ujarnya.

Adam menerangkan kesiapsiagaan itu ditunjukkan oleh BPBD dengan menyiagakan setiap anggotanya di 40 kecamatan yang berada di Kabupaten Bogor, guna menjaga 15.000 lebih TPS yang ada di Kabupaten Bogor.

"Semua anggota TRC disiagakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Untuk titik tidak bisa terdeteksi satu persatu, jadi kami menyiagakan anggota TRC di setiap kecamatan," tuturnya. (antara/jpnn)

BPBD Kabupaten Bogor melatih anggotanya menyelamatkan kotak suara dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selama Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News