Ace Hasan Berharap Kelak Ada Santri Jadi Politikus

Senin, 15 Januari 2024 – 12:46 WIB
Ace Hasan Berharap Kelak Ada Santri Jadi Politikus - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan dalam acara silaturahmi dan pemberian santunan kepada anak yatim di Ponpes Nurul Huda Sindang Salam, Kampung Cicalobak, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mendorong para santri untuk terjun ke politik setelah lulus dari pondok pesantren. Sebabnya, tidak ada kebijakan apapun tanpa campur tangan politik. 

Hal itu disampaikan Ace Hasan saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi dan pemberian santunan kepada anak yatim di Ponpes Nurul Huda Sindang Salam, Kampung Cicalobak, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. 

"Pendidikan agama hal paling utama sebagai dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena itu, harus ada dari kalangan santri dan santriwati, setelah lulus nanti mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa dan negara melalui jalur politik," kata Kang Ace—sapaannya—dalam keterangannya, Senin (15/1). 

Sebab, kata dia, tidak ada kebijakan, tanpa politik. Misalnya, pesantren, lama kelamaan akan hilang jika tidak ada proteksi dari negara.

Saat ini, pesantren banyak, tetapi jika tradisi yang dibangun para ulama dulu tidak dijaga, perlahan-lahan akan hilang.

"Banyak pesantren, boarding school tapi tidak mengaji kitab kuning. Hanya untuk menunjukkan bahwa di dalam pesantren atau boarding school itu ada pendidikan agama, tetapi tidak diajarkan kitab kuning. Karena sekarang, pesantren hampir sama dengan boarding school," ujarnya.

Karena itu, tutur Kang Ace, Komisi VIII DPR, menyusun sebuah Undang-Undang (UU) Pondok Pesantren.

Di dalam undang-undang itu diatur tentang apa yang disebut dengan pesantren itu. Salah satunya, harus ada kiai, mengaji kitab kuning, pengajian, asrama, dan standard mutu yang telah diwariskan para ulama.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mendorong para santri untuk terjun ke politik setelah lulus dari pondok pesantren.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News