Bawaslu Karawang Geram, 13.598 APK Caleg dan Partai Melanggar Aturan

Jumat, 05 Januari 2024 – 07:00 WIB
Bawaslu Karawang Geram, 13.598 APK Caleg dan Partai Melanggar Aturan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi. Baliho Kaesang di Kota Depok. Foto: JPNN.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang menyebutkan pemasangan belasan ribu alat peraga kampanye (APK) pemilu melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.

"Pemasangan alat peraga kampanye yang melanggar itu tersebar di 30 kecamatan sekitar Karawang," kata Ketua Bawaslu Karawang, Engkus Kusnadi.

Engkus mengatakan selama masa kampanye pemilu ini, Bawaslu Karawang telah melakukan pendataan mengenai pemasangan alat peraga kampanye yang melanggar.

Untuk sementara ini, sesuai dengan pendataan yang dilakukan bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), terdapat 13.598 alat peraga kampanye yang melanggar atau terpasang di titik-titik yang dilarang.

Jika dirinci hampir di setiap kecamatan ada ratusan alat peraga kampanye yang melanggar, bahkan di Kecamatan Batujaya dan Telukjambe Timur, hampir seribu alat peraga kampanye yang melanggar.

"Alat peraga kampanye yang melanggar, sesuai dengan pendataan itu berupa baliho, banner, spanduk dan bendera," ucapnya.

Alat peraga kampanye itu disebut melanggar karena terpasang di titik-titik yang dilarang, seperti di tiang listrik/telepon, pepohonan, sekitar kantor pemerintahan, sarana ibadah, sarana pendidikan, jalan protokol, alun-alun, area pasar dan lain-lain.

Disebutkan bahwa ketentuan pemasangan alat peraga kampanye itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Bawaslu Kabupaten Karawang mencatat, ada sekitar 13.598 APK caleg dan partai yang melanggaran aturan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News