3.743 Warga Kabupaten Meninggal Dunia, KPU Verifikasi Ulang DPT Pemilu 2024

Kamis, 16 November 2023 – 19:00 WIB
3.743 Warga Kabupaten Meninggal Dunia, KPU Verifikasi Ulang DPT Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor melakukan verifikasi ulang data sebanyak 3.743 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dilaporkan telah meninggal dunia.

"Belum bisa kami eksekusi untuk dicoret, tetapi yang jelas kami lakukan verifikasi dahulu. Dicek data-datanya," kata Ketua KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan.

Menurut dia, verifikasi ulang terhadap data warga yang dilaporkan meninggal dunia terus dilakukan hingga menjelang hari pencoblosan karena kemungkinan besar angkanya akan terus bertambah.

Herry menjelaskan data-data pendukung yang menyatakan warga bersangkutan telah meninggal dunia harus lengkap secara administrasi, seperti surat kematian.

KPU Kabupaten Bogor juga masih menunggu arahan KPU RI untuk menyikapi beberapa warga yang tercatat dalam DPT, tetapi meninggal dunia karena jumlah DPT yang telah diumumkan tidak mungkin dikurangi atau ditambah.

"Kalau DPT kami pastikan perubahan itu tidak ada. Hanya untuk yang meninggal ini kami harus rekap administrasinya dulu," tuturnya.

KPU Kabupaten Bogor telah menetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 3.889.441 orang, terdiri atas 1.982.664 orang laki-laki dan 1.906.777 orang perempuan.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan DPT Pemilu 2019 yang tercatat 3.494.743 orang.

KPU Kabupaten Bogor melakukan verifikasi ulang data sebanyak 3.743 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dilaporkan telah meninggal dunia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News