Rp200 Juta Disiapkan Pemkab Bogor Demi Sukseskan Pemilu 2024

Jumat, 13 Oktober 2023 – 20:00 WIB
Rp200 Juta Disiapkan Pemkab Bogor Demi Sukseskan Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menganggarkan dana hibah Rp200 juta pada APBD tahun anggaran 2023 untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Anggaran itu direalisasikan dalam bentuk sarana prasarana mulai dari komputer hingga kebutuhan gudang logistik di masing-masing kecamatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Herry Setiawan.

Ia menjelaskan anggaran Rp200 juta itu dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor kemudian didistribusikan ke 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Kemudian, kata dia, untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di akhir tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan Rp150 miliar melalui dana cadangan dua kali penganggaran, yakni Rp50 miliar dari APBD 2020, dan Rp100 miliar dari APBD tahun 2023.

Penganggaran secara bertahap dilakukan karena berdasarkan Pasal 80 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, penyediaan dana cadangan tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan sarana pemilu sejak jauh-jauh hari mengingat, luas wilayah dan banyaknya jumlah pemilih dan tempat pemungutan suara.

"Pemkab Bogor telah melakukan berbagai upaya preventif, diantaranya menyiapkan dukungan anggaran dalam bentuk hibah operasional dan hibah pengamanan Pemilu," kata Burhan.

Selanjutnya, kata dia, Pemkab Bogor juga membentuk desk Pemilu 2024 dan melaksanakan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula melalui program Forkopimda Goes To School.

Pemkab Bogor menganggarkan dana hibah Rp200 juta pada APBD tahun anggaran 2023 untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News