Pembangunan Skybridge Stasiun Bogor-Paledang Capai 72 Persen

Jumat, 13 Oktober 2023 – 15:00 WIB
Pembangunan Skybridge Stasiun Bogor-Paledang Capai 72 Persen - JPNN.com Jabar
Potret pembangunan Skybridge Stasiun Bogor-Paledang. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung Wilayah Bogor - Sukabumi melaporkan progres pembangunan skybridge penghubung Stasiun Bogor dan Paledang kepada Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Progres terakhir, pembangunan jembatan untuk pejalan kaki tersebut sudah mencapai 72 persen. Rencananya awal tahun sudah mulai bisa dimanfaatkan.

Dedie Rachim sampaikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Paling utama, bahwa skybridge akan menimbulkan bangkitan ekonomi masyarakat.

"Salah satunya kami ingin nanti skybridge bisa dikoneksikan dengan salah satu plaza, yang nantinya akan dijadikan tempat penampungan UMKM. Sehingga kalau bisa nanti di situ difungsikan sebagai pusat oleh-oleh Bogor, maka terjadilah bangkitan ekonomi penumpang kereta api akan belanja di salah satu plaza yang ada di Bogor," ujarnya.

Sambung Dedie, ada beberapa hal yang butuh penyelesaian akhir. Seperti akses masuk dan keluar dari skybridge yang masuk ke area Alun - Alun Kota Bogor. Termasuk di dalamnya pengaturan apakah bisa masyarakat naik turun, atau hanya khusus penumpang kereta.

"Kemudian ketiga, kami juga membahas rencana ke depan, terutama permasalahan jalan yang kami likuidasi. Jalan sekolah, yang tadinya jalannya perlintasan kereta, sekarang kan sudah ditutup perlintasan sebidangnya. Maka ada sisi jalan sekolah di sisi barat dan timur," jelasnya.

Dedie juga menegaskan pembangunan skybridge ini tidak merugikan masyarakat. Ke depan, tak menutup kemungkinan pula ada skema MoU untuk permasalahan pedagang sekitar skybridge dan perlu pembahasan lebih lanjut.

Timbul pula opsi lain untuk langkah antisipatif masalah kriminal. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ingin memberikan jaminan kepada masyarakat pengguna skybridge dengan rasa aman dari copet misalnya.

Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung Wilayah Bogor - Sukabumi melaporkan progres pembangunan skybridge penghubung Stasiun Bogor dan Paledang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News