Sudah Kantongi Izin, Acara Diskusi Anies Baswedan di GIM Bandung Mendadak Dibatalkan

Minggu, 08 Oktober 2023 – 13:40 WIB
Sudah Kantongi Izin, Acara Diskusi Anies Baswedan di GIM Bandung Mendadak Dibatalkan - JPNN.com Jabar
Potret kondisi terkini di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Acara diskusi bertajuk "Demi Ibu Pertiwi: Saatnya Perubahan, Amin" yang rencananya akan dilaksanakan Minggu (8/10) di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung batal dilaksanakan.

Acara yang nantinya akan dihadiri Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan itu dibatalkan sepihak oleh oknum yang mengaku pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

Acara diskusi yang diinisiasi oleh komunitas aktivis prodemokrasi dan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Change Indonesia itu sebelumnya telah mendapat izin tertulis dari UPTD Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat.

Diketahui, setelah mendapatkan ijin tertulis, beragam persiapan pun telah dilakukan oleh panitia agar acara berjalan lancar.

Namun, beberapa jam sebelum acara dilaksanakan tepatnya pada Sabtu (7/10) malam sekitar pukul 23.00 WIB, salah seorang pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menyampaikan secara lisan kepada panitia bahwa acara diskusi harus dibatalkan.

Menanggapi hal tersebut, Presidium Change Indonesia, Andreas Marbun menilai kejadian ini menjadi sebuah preseden buruk dalam tatakelola kegiatan acara di ruang-ruang publik yang dimiliki pemerintah.

"Gedung Indonesia Menggugat (GIM) selayaknya sebagai situs bersejarah adalah ruang publik. Di mana publik bisa melakukan kegiatan, berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat sebagaimana dijamin oleh konstitusi," ucapnya, Minggu (8/10).

Pembatalan sepihak ini, jelas menyakiti perjuangan para aktivis prodemokrasi, karena pada dasarnya acara-acara diskusi kebangsaan ini telah dijamin oleh konstitusi.

Acara Demi Ibu Pertiwi yang akan dihadiri Calon Presiden Anies Baswedan dibatalkan sepihak oleh oknum pemerintah, padahal pihak panitia sudah mengantongi izin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News