Jalan Mulus Dedi Mulyadi di Pilgub 2024, Asalkan

Jumat, 25 Februari 2022 – 18:36 WIB
Jalan Mulus Dedi Mulyadi di Pilgub 2024, Asalkan - JPNN.com Jabar
Politikus Golkar Dedi Mulyadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi disebut bakal menjadi calon kuat dalam konstelasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Jalan Dedi Mulyadi bakal mulus, asalkan Ridwan Kamil tak lagi mencalonkan diri sebagai gubernur dua periode.

Hal itu berdasarkan analisis hasil survei yang dilakukan Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Survei tersebut berisikan analisis tentang preferensi pemilih warga Jawa Barat terhadap calon gubernur dan wakil gubernur 2024, mendatang.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul mengatakan, potensi mantan Bupati Purwakarta dua periode ini tergambar jelas dari posisi elektabilitasnya yang meroket untuk ukuran sebagai calon pendatang baru.

Meski demikian. posisi elektabilitas Ridana Kamil sebagai incumbent masih memimpin.

Toto menjabarkan, berdasarkan hasil berbagai simulasi yang dilakukan, nama Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi selalu bersaing. Untuk simulasi 20 cagub misalnya, Ridwan Kamil memimpin dengan 45,2 persen yang disusul Dedi Mulyadi 24,7 persen.

Selanjutnya, Dede Yusuf, Wagub Jabar saat ini Uu Ruzhanul Ulum, Cellica, Desy Ratnasari, Ahmad Syaikhu, Bima Arya, Nurul Arifin, Rieke Dyah Pitaloka, Ace Hasan Sadzily, dan lain-lain menyusul.

Saat dikerucutkan menjadi enam calon, Ridwan Kamil meraih 47,3 persen dan Dedi Mulyadi 25,5 persen. Disusul dengan nama Dede Yusuf 12,7 persen dan yang lainnya seperti Uu Ruzhanul Ulum, Ahmad Syaikhu, dan M Farhan.

Toto mengungkapkan, ada yang menarik dalam hasil survei kali ini. Katanya, pada simulasi 10 calon tanpa Ridwan Kamil, posisi Dedi Mulyadi melesat ke 38,0 persen, yang disusul Dede Yusuf mebajdi 22,7 persen, Desy Ratnasari 5,8 persen, Ahmad Syaikhu 3,5 persen, dan Atalia Kamil 1,8 persen.

LSI Denny JA menyampaikan hasil survei Cagub-Cawagub Jabar 2024 yang menyatakan Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil bersaing cukup tipis. Simak penjelasannya
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News