Kedekatan Jokowi dan Ridwan Kamil Dinilai Menguntungkan Partai Golkar

Sabtu, 05 Agustus 2023 – 13:47 WIB
Kedekatan Jokowi dan Ridwan Kamil Dinilai Menguntungkan Partai Golkar - JPNN.com Jabar
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukan kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ridwan Kamil mendampingi Jokowi dalam uji coba LRT hingga rapat terkait transportasi publik Bandung Raya, Kamis (3/10).

Kemudian, orang nomor satu di Jawa Barta itu juga menemani presiden pada peresmian jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong - Cibadak di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/8).

Menariknya, saat peresmian tol Bocimi Seksi II Ridwan Kamil menunjukan sikap penghormatan pada Jokowi yang memuji prestasi investasi Jawa Barat.

Pengamat Politik UPI Prof Karim Suryadi mengatakan, momen kedekatan Jokowi dan Ridwan Kamil belum bisa disimpulkan sebagai sinyal dukungan atau endorsement Cawapres 2024.

"Meski tidak bisa dipungkiri itu sebagai tanda keduanya ada dalam satu frekuensi. Momen kedekatan Jokowi dan RK bukan kali ini diperlihatkan keduanya. Bahkan RK sudah masuk radar Presiden ketika mengidentifikasi nama-nama yang potensial memimpin IKN," kata Karim dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (5/8).

Menurutnya, Jokowi akan bersikap realistis pada posisi Ridwan Kamil yang saat ini sudah berada di Partai Golkar.

"Maju tidaknya RK dalam bursa wapres bergantung kepada keputusan Partai Golkar dan kerja sama politik yang dibangun partai beringin," tuturnya.

Kedekatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Presiden Joko Widodo bisa jadi modal kuat untuk Partai Golkar dalam menentukan Cawapres 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News