Ganjar Muda Padjajaran Renovasi MCK Ponpes Tertua di Selaawi

Senin, 22 Mei 2023 – 10:10 WIB
Ganjar Muda Padjajaran Renovasi MCK Ponpes Tertua di Selaawi - JPNN.com Jabar
Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) melakukan kegiatan bakti sosial dengan merenovasi fasilitas mandi cuci kakus (MCK) Pondok Pesantren Cilombang. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, GARUT - Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) melakukan kegiatan bakti sosial dengan merenovasi fasilitas mandi cuci kakus (MCK) Pondok Pesantren Cilombang, Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut. 

Koordinator Daerah GMP Garut, Mamad Komarudin mengatakan, proses pengerjaan perbaikan mck dilakukan sejak Rabu (17/5) dan ditargetkan bakal rampung akhir Mei 2023. 

"Ini inisiatif GMP juga karena mendengar ada salah satu di pondok pesantren mck terbengkalai dan tidak layak pakai dan masyarakat di sini," ucap Mamad dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (22/5). 

Menurutnya, kondisi fasilitas sanitasi dari ponpes tertua se-Kecamatan Selaawi yang telah berdiri pada 1952 oleh KH. Adang Abdurohman itu, sudah tidak layak pakai. Hal ini disebabkan tembok dan atap yang acapkali jebol akibat tertimpa kelapa. 

Kini, GMP berupaya memperbaiki sejumlah bagian yang rusak seperti atap, tembok, pintu kamar mandi, bahkan memasang toren dan mesin pompa air. 

"Kami GMP bisa membantu dan bisa memfungsikan lagi apalagi mck ini peninggalan Kiai Muhammad Cilombang (KH. Adang Abdurohman). Tidak digunakan karena sudah tidak layak, kotor, pintu udah nggak ada pintunya, ini yang sana kosong gak ada bata sekarang bisa dipake dan layak bisa ada atap aman dari jatuhnya kelapa itu," ungkap Mamad. 

Mamad berharap, perbaikan sarana prasarana (sarpras) ini dapat mewujudkan sanitasi yang layak, aman, dan nyaman bagi para santri maupun masyarakat sekitar Ponpes Cilombang. 

"Kalau setelah ini selesai mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bagi para santri yang ada di sekitar ini," tutup Mamad. 

Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) melakukan kegiatan bakti sosial dengan merenovasi fasilitas mandi cuci kakus (MCK) Pondok Pesantren Cilombang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News