Akulaku Gandeng Polda Jabar Beri Perlindungan Masyarakat dari Kejahatan Siber

Kamis, 17 Februari 2022 – 15:03 WIB
Akulaku Gandeng Polda Jabar Beri Perlindungan Masyarakat dari Kejahatan Siber - JPNN.com Jabar
Akulaku Finance Indonesia. Foto dok Akulaku

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Guna mencegah terjadinya kejahatan siber pada aplikasi digital, Akulaku Finance Indonesia menggandeng kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat untuk memberikan perlindungan bagi pengguna.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengatakan, inisiatif kolaborasi ini merupakan bagian dari mitigasi risiko dan komitmen perusahaan secara konsisten untuk menjalin keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Kolaborasi antara Akulaku dan Polda Jabar diharapkan dapat menjadi sebuah langkah penting dalam penguatan dan kemajuan aspek cybercrime di Indonesia," kata Efrinal dalam keterangan resminya, Rabu (16/2).

Efrinal menerangkan, pemanfaatan teknologi semakin memegang peranan penting di dalam sektor keuangan. Oleh karena itu, edukasi, kolaborasi, dan inovasi dalam bidang keamanan data, turut dibutuhkan untuk memperkuat perlindungan nasabah dari berbagai modus social engineering yang kerap dilakukan pelaku kejahatan.

Ada pun, katanya, salah satu modus praktik social engineering yang kerap menyasar nasabah pengguna digital banking adalah phishing. Pelaku kejahatan phishing umumnya berusaha memanipulasi nasabah dengan berpura-pura sebagai pihak resmi dari perusahaan tersebut.

Pelaku berusaha mengelabui nasabah dengan meminta kode one time password (OTP) dalam melancarkan aksi kejahatannya.

Melalui kerjasama ini, pihaknya berharap bisa membantu mewujudkan program literasi dan edukasi keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan ke tingkat 90 persen di tahun 2024. Ini sesuai harapan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman Hakim mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan masyarakat bisa semakin terlindungi dari risiko kejahatan siber.

Maraknya aksi kejahatan siber khususnya dalam penggunaan bank digital, Akulaku Finance Indonesia menggandeng Polda Jabar dalam hal perlindungan bagi pengguna.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News