Polda Jabar Menyita 22 Ton BBM Solar Bersubsidi dari Penimbun

Rabu, 13 April 2022 – 17:53 WIB
Polda Jabar Menyita 22 Ton BBM Solar Bersubsidi dari Penimbun - JPNN.com Jabar
Ditreskrimsus Polda Jabar dalam konfrensi pers penimbunan BBM Solar bersubsidi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (13/4). (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat mengungkap kasus penimbunan 25.000 liter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar yang ditemukan di Kabupaten Tasikmalaya dan Indramayu.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Arief Rachman menuturkan, pengungkapan kasus itu bermula dari penemuan dua truk tangki bermuatan 8.000 liter yang berkamuflase serupa dengan truk tangki legal pada 7 April 2022. 

Kemudian, petugas melakukan serangkaian penyelidikan hingga berhasil menemukan sebuah pangkalan yang diduga menjadi tempat penimbunan BBM bersubsidi. 

“Dua truk tangki berasal dari pangkalan yang bentuknya adalah bilik, maka diduga kuat ini adalah penyalahgunaan, dan ternyata betul,” ujar Arief di Gedung Ditreskrimsus Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta. Kota Bandung, Rabu (13/4). 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, ada tujuh tersangka yang diamankan dari dua TKP. 

Ada pun ke tujuh tersangka itu berinisial TS, DS, KS, ZX, dan SN dari TKP di Tasikmalaya, kemudian SD dan WW dari TKP di Indramayu. 

“Modus operandinya dengan melakukan pembelian menggunakan truk tangki yang dimodifikasi ke sejumlah SPBU yang ada, dan tangki disuplai ke tempat penampungan untuk kemudian dijual ke industri,” kata Ibrahim 

Ibrahim menjelaskan, dalam satu hari para tersangka ini bisa mendapatkan 1.000 hingga 2.000 liter solar yang kemudian ditampung ke penampungan. 

Polisi mengamankan tujuh tersangka dugaan penimbunan BBM solar bersubsidi. Total 22 ton minyak dengan nilai kerugian mencapai Rp 465 juta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News