Mengaku Dekat Dengan Pejabat Mabes Polri, Daud Yanuar Tipu Korban Dengan Modus Calo Akpol

Jumat, 10 November 2023 – 20:15 WIB
Mengaku Dekat Dengan Pejabat Mabes Polri, Daud Yanuar Tipu Korban Dengan Modus Calo Akpol - JPNN.com Jabar
Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Markus Simaremare (kanan), dan Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Daud Yanuar (31 tahun) diamankan polisi lantaran melakukan penipuan seleksi penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dengan memintai sejumlah uang kepada para korban.

Diketahui, pelaku membawa kabur uang korban sebesar Rp 1,6 miliar.

Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Markus Simaremare mengatakan untuk meyakinkan korbanya, pelaku mengaku sebagai pengusaha dan mengenal sejumlah pejabat tinggi di kepolisian.

“Pelaku meyakinkan orang tua korban, dan menyatakan seolah-olah dia (pelaku) memiliki kenalan orang Mabes Polri,” ucapnya, Jumat (10/11).

Sehingga korban percaya dan menyerahkan sejumlah uang yang telah disepakati.

“Korban memberikan uang dengan cara transfer tiga kali dengan jumlah Rp 1,250 miliar, dan uang yang diserahkan secara cash sekitar Rp 350 juta. Jadi, totalnya Rp 1,6 miliar,” ujarnya.

Markus menuturkan bahwa pelaku tidak memiliki pekeerjaan, tetapi pelaku menyatakan kalau dirinya memiliki usaha.

"Pelaku mengaku sebagai pengusaha, pelaku juga klaim kalau dirinya dekat dengan pejabat kepolisian di mabes, dan meyakinkan korban kalau pelaku bisa memasukan anak korban ke Akpol," tutupnya. (mcr19/jpnn)

Mengaku Dekat dengan pejabat di Mabes Polri, Daud Yanuar tipu korban dengan mengimingi bisa memasukan anak korban ke Akpol. Korban merugi hingga Rp1,6 miliar.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News