Ketua dan Bendahara KKMI Kota Bogor Jadi Tersangka Korupsi Dana BOS MI Rp1,1 Miliar, Begini Modusnya

Jumat, 25 Februari 2022 – 23:52 WIB
Ketua dan Bendahara KKMI Kota Bogor Jadi Tersangka Korupsi Dana BOS MI Rp1,1 Miliar, Begini Modusnya - JPNN.com Jabar
Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Bogor berinisial DSA dan Bendahara KKMI Kota Bogor berinisial AM, saat keluar dari gedung Kejaksaan Negeri Kota Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor menetapkan dua orang tersangka kasus korupsi penggelapan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Bogor.

Dua orang tersangka tersebut yakni Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Bogor berinisial DSA dan Bendahara KKMI Kota Bogor berinisial AM.

Ditetapkan keduanya sebagai tersangka lantaran menggelapkan uang penggandaan soal ujian siswa di 60 MI se-Kota Bogor senilai Rp1,1 miliar.

Kepala Kejari Kota Bogor Sekti Anggraeni mengatakan, keduanya menggelapkan uang dana BOS MI tersebut pada tahun anggaran 2017-2018.

Modusnya, uang yang ditarik dari 60 MI se-Kota Bogor tidak disetorkan ke KKMI Jawa Barat. Tak hanya itu, keduanya juga melakukan pungutan di atas nominal yang sudah disepakati KKMI Jawa Barat.

"Besaran biaya pungutan yang telah disepakati KKMI Jawa Barat Rp6.500. Namun, KKMI Kota Bogor menarik kesetiap sekolah dengan jumlah yang bervariatif, mulai dari Rp16 ribu hingga Rp58 ribu per siswa," katanya, Jumat (25/2)

KKMI Kota Bogor seharusnya menyetorkan kepada KKMI Provinsi Jawa Barat dengan jumlah yang telah ditentukan. Namun, keduanya tidak melakukan hal tersebut.

Uang yang terkumpul tersebut justru disalah gunakan untuk biaya sejumlah kegiatan yang tidak diperbolehkan menggunakan dana BOS.

Kejari Kota Bogor menetapkan dua orang tersangka, atas kasus korupsi penggelapan dana BOS Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News