Motif Khairur Rijal Ajak Yana Mulyana Melancong ke Thailand Terungkap

Senin, 24 Juli 2023 – 21:05 WIB
Motif Khairur Rijal Ajak Yana Mulyana Melancong ke Thailand Terungkap - JPNN.com Jabar
Sekretaris Pimpinan Wali Kota Bandung Rizal Hilman (kiri) saat memberikan keterangan dalam sidang kasus penyuap pengadaan barang dan jasa di Pengadilan Negeri Tipikor, Kota Bandung, Senin (24/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung melanjutkan sidang dugaan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan terdakwa tiga orang dari pihak swasta.

Ketiga terdakwa ini di antaranya Direktur Utama PT Citra Jelajah Informatika (PT CIFO) Sony Setiadi, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny, dan Vertical Sulution Manager PT SMA Andreas Guntoro.

Dalam sidang hari ini, Jaksa penuntut umum (JPU) dari KPK menghadirkan empat orang saksi. Dua di antaranya adalah Sekretaris Pimpinan Wali Kota Bandung Rizal Hilman dan Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ferlian Hadi.

Yang menarik dalam sidang ini adalah, terungkapnya motif Sekretaris Dinas Perhubungan (Sekdishub) Bandung nonaktif Khairur Rijal yang juga ditetapkan sebagai tersangka, dalam mengajak perjalanan dinas Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana ke Bangkok, Thailand.

Adapun, alibi perjalanan dinas itu ialah untuk melihat kamera CCTV di Bangkok yang rencananya akan diimplementasikan dalam program Bandung Smart City.

Rizal mengatakan, semua soal proses perjalanan dinas para pejabat Pemkot Bandung ke Thailand untuk memenuhi undangan dari Huawei.

Saat itu pejabat yang berangkat ke Thailand terdiri dari Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama keluarga, Kadishub Bandung Dadang Darmawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dishub Bandung Khairur Rijal, serta beberapa pejabat lainnya.

Sebagai Sekpri Wali Kota Bandung, Rizal menuturkan, Khairur Rijal merupakan pejabat Dishub Bandung yang cukup sering bertemu dengan Wali Kota Yana Mulyana. Bahkan, Rijal tergolong sosok pejabat yang sering ingin tampil.

Sekpri Wali Kota Bandung mengungkapkan motif Khairur Rijal mengajak Yana Mulyana dan rombongan Pemkot perjalanan dinas ke Thailand.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News