Bobrok! Eks Kadishub Bongkar Aliran Dana Suap Pengadaan Barang dan Jasa di Pemkot Bandung

Rabu, 12 Juli 2023 – 19:58 WIB
Bobrok! Eks Kadishub Bongkar Aliran Dana Suap Pengadaan Barang dan Jasa di Pemkot Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Sidang kasus pengadaan barang dan jaksa di lingkungan Pemkot Bandung dengan terdakwa Direktur Utama PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sony Setiadi, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny dan Vertical Solution Manager PT SMA Andreas Guntoro. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi bersaksi dalam sidang suap pengadaan barang dan jasa dengan tersangka Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Rabu (12/7).

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK menghadirkan tiga orang saksi, diantaranya eks Kepala Dishub Bandung Ricky Gustiadi, Plh Sekdishub Asep Kurnia, dan Kasubag Program Roni Kurnia.

Dalam sidang Ricky membeberkan kalau fee proyek pengadaan kamera CCTV dan Internet Service Provider (ISP) untuk program Bandung Smart City mengalir ke sejumlah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan DPRD.

Fee itu juga katanya, ada yang diberikan kepada aparat penegak hukum (APH) yaitu kepolisian dan kejaksaan.

Semula JPU KPK menanyakan kepada Ricky Gustiadi terkait pengumpulan uang fee proyek di bidang-bidang pada Dishub Kota Bandung.

Ricky membantah telah memerintahkan bidang-bidang untuk mengumpulkan fee proyek di Dishub.

Namun, jaksa memperlihatkan berita acara perkara (BAP) yang bersangkutan bahwa saat rapat teknis, Ema Sumarna sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung mengimbau untuk memberikan atensi terhadap APH, kejaksaan, kepolisian, serta LSM, dan Ormas.

“Memang ada beban dinas yang baru diatensi, harapan dari bidang membantu dinas. Ada dikasih dari bidang ke dinas?,” tanya jaksa.

Eks Kadishub Bandung Ricky Setiadi membeberkan fee proyek pengadaan di dinas mengalir ke sejumlah pejabat di Pemkot Bandung dan DPRD hingga aparat penegak hukum
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News