1 Juta Warga Jawa Barat Jadi TKI, 56 Persennya Berangkat Lewat Jalur Ilegal

Minggu, 11 Juni 2023 – 15:05 WIB
1 Juta Warga Jawa Barat Jadi TKI, 56 Persennya Berangkat Lewat Jalur Ilegal - JPNN.com Jabar
Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Pol Yani Sudarto dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang paling banyak warganya menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Total warga yang menjadi TKI mencapai 1.045.571 orang bekerja di luar negeri.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan dari angka tersebut ada 56 persen TKI yang berangkat melalui jalur ilegal.

Kondisi tersebut akhirnya menjadi atensi polisi untuk melakukan pengungkapan agen atau perorangan yang memberangkatkan warga ke luar negeri secara tidak resmi.

“Untuk mengungkap ini kami sudah membentuk Satgas TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) per 5 Juni 2023 sesuai dengan atensi dari Presiden,” kata Ibrahim dalam keterangannya, Minggu (11/6).

Kata Ibrahim, selama periode tahun 2023 hingga awal Juni, Polda Jabar sudah mengungkap 37 kasus.

Di mana ada 82 orang menjadi korban dan berhasil dipulangkan. Selain itu, ada 59 tersangka dalam kasus tersebut.

Ia menjelaskan terdapat beberapa modus yang dilakukan para tersangka untuk merekrut para korban TPPO.

Polda Jabar mengungkapkan, sebanyak 1 juta warga Jabar menjadi TKI di luar negeri dan 50 persennya berangkat secara ilegal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News