PMI Kota Depok: Ramadan Adalah Waktu Ideal Untuk Donor Darah

Jumat, 24 Maret 2023 – 22:22 WIB
PMI Kota Depok: Ramadan Adalah Waktu Ideal Untuk Donor Darah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kantong darah Palang Merah Indonesia (PMI). Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Dudi Mi'raz mengajak seluruh masyarakat untuk mendonorkan darah agar tetap sehat dan bugar meski tengah menjalani ibadah puasa.

Duri menerangkan waktu donor darah yang ideal, yakni saat pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

“Kalau ingin mendonorkan darah selama bulan ramadan, maka idealnya di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” ucapnya, Jumat (24/3).

Dirinya juga mengatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah. MUI juga sudah buat fatwa, bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa. Hanya mungkin, waktunya saja yang diatur,” terangnya.

Dengan demikian, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC).

Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa, yakni pukul 08.00 hingga 20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Ketua PMI Kota Depok sebut waktu yang ideal untuk donor darah saat puasa yakni pagi hari dan sore sebelum berbuka puasa.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News