Rumah Rusak Akibat Bencana Alam Siap Diperbaiki Pemkab Bekasi, Tiap Unit Maksimal Rp 40 Juta

Jumat, 24 Maret 2023 – 13:55 WIB
Rumah Rusak Akibat Bencana Alam Siap Diperbaiki Pemkab Bekasi, Tiap Unit Maksimal Rp 40 Juta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi rumah rusak akibat diterjang angin kencang. Foto: ANTARA/HO

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan anggaran Rp40 juta untuk memperbaiki satu unit rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana hidrometeorologi yang menyebabkan ratusan rumah rusak beberapa waktu lalu.

"Anggaran perbaikan satu rumah yang rusak berat sebesar Rp40 juta, kalau untuk yang rusak ringan Rp20 juta," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir.

Dia mengatakan alokasi pembiayaan pemberian bantuan rumah rusak itu bersumber dari program penanganan kebencanaan yang ada di Disperkimtan Kabupaten Bekasi.

Pihaknya saat ini masih menunggu Surat Keputusan Bupati Bekasi terkait klasifikasi unit rumah sesuai tingkat kerusakan sebelum merealisasikan pemberian bantuan tersebut.

"Nanti kami lihat di SK Bupati, apakah masuk rusak ringan atau berat, kemudian disesuaikan anggarannya," katanya.

Chaidir menyebut berdasarkan hasil penilaian tim gabungan komando penanganan bencana daerah, terdata ratusan rumah terdampak bencana, baik banjir maupun puting beliung.

"Nanti kami proses semua. Yang penting masih terkait kebencanaan. Kami juga masih memberikan waktu kepada rekan-rekan di bawah, dari desa dan kecamatan untuk menyelesaikan laporan pengajuan bantuan ini," ucapnya.

Kabupaten Bekasi dilanda sejumlah bencana, mulai dari banjir yang menggenangi hampir seluruh kecamatan, tanah longsor, hingga bencana puting beliung yang turut merusak ratusan unit rumah di Kecamatan Tambun Selatan.

Pemkab Bekasi siap memperbaiki rumah warga yang rusak akibat bencana alam. Tiap rumah yang rusak bakal dapat bantuan maksimal Rp 40 juta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News