Kisah Luar Biasa Galih Purnama, Pria Disabiltas yang Lolos Jadi PNS di Kota Bogor

Rabu, 08 Maret 2023 – 13:20 WIB
Kisah Luar Biasa Galih Purnama, Pria Disabiltas yang Lolos Jadi PNS di Kota Bogor - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya, saat memberikan ucapan selamat kepada Galih Purnama, seusai diambil sumpah janji pada, Selasa (7/3). Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Galih Purnama, pemuda penyandang disabilitas penglihatan (Tunanetra) kini telah resmi menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Pemuda asal Bandung itu yang berdomisili di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan itu diambil sumpah dan janjinya pada Selasa (7/3), di Lapangan Jalan Harmonis, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Diketahui, Galih mengalami penurunan penglihatan sejak 2006 hingga 2018, saat itu dirinya divonis mengalami Retinitis Pigmentosa.

"Ketika keluar SMA di usia 18 tahun, dinyatakan bahwa saya itu nantinya tidak akan bisa melihat, dan akan mengalami penurunan daya lihat secara bertahap," ucap Galih.

Meski dengan kondisi tersebut, hal itu tidak membuatnya putus asa. Dari 262 peserta yang diambil sumpah janji PNS, Galih merupakan peserta berkebutuhan khusus penyandang disabilitas tunanetra yang berhasil lolos CPNS.

Pria lulusan D4 Kesejahteraan Sosial itu bercerita, motivasinya mengikuti tes CPNS pada 2021 lalu karena ingin bermanfaat untuk masyarakat, keluarga dan tidak hanya untuk dirinya sendiri.

"Meski saya disabilitas, tetapi dari hati saya pengen jadi orang yang bermanfaat gitu, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Seluruh tantangan dan proses dirinya hadapi dan lalui dengan sabar. Karena dia meyakini setiap kesulitan selalu memiliki solusi untuk menyelesaikan persoalan.

Kisah perjuangan Galih Purnama, pemuda penyandang disabilitas (tunanetra) yang berhasil lolos menjadi PNS Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News