Pemkab Bekasi Targetkan Nol Kasus Kusta pada 2025

Selasa, 07 Maret 2023 – 17:50 WIB
Pemkab Bekasi Targetkan Nol Kasus Kusta pada 2025 - JPNN.com Jabar
Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi meluncurkan Program Kota Sahabat Kusta di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi di Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (7/3/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan kasus penyakit kusta di wilayahnya bisa menjadi nol pada 2025 mendatang.

"Kami berupaya semaksimal mungkin supaya target zero (nol) kusta 2025 bisa tercapai melalui keterlibatan seluruh unsur terkait berikut dukungan berbasis anggaran," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi pada peluncuran Program Kota Sahabat Kusta, Selasa (7/3).

Dalam rangkaian acara peringatan Hari Kusta Sedunia 2023 itu, dia menyampaikan bahwa menurut data Dinas Kesehatan masih ada 218 penderita kusta di wilayah Kabupaten Bekasi.

Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya memastikan para penderita kusta mendapatkan perawatan medis dan pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Dedy meminta masyarakat tidak mendiskriminasi penderita kusta di lingkungan mereka.

Dia mengatakan bahwa penderita kusta harus didukung agar tetap bisa bersosialisasi serta termotivasi untuk menjalani pengobatan sampai tuntas.

"Mereka harus memiliki rasa percaya diri, baik yang sedang maupun mantan penderita, supaya bisa diterima masyarakat. Kita harus lebih mengedukasi masyarakat, harus kita beri semangat. Pemerintah hadir untuk memastikan bagaimana mereka bisa diterima di masyarakat," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan bahwa rencana kerja penanganan kusta guna mencapai target nol kasus pada tahun 2025 telah disusun.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan kasus penyakit kusta di wilayahnya bisa menjadi nol pada 2025 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News