10 Truk Dikerahkan Pemkab Bekasi Demi Mengangkut Sampah di Kali Ciherang

Jumat, 03 Maret 2023 – 16:50 WIB
10 Truk Dikerahkan Pemkab Bekasi Demi Mengangkut Sampah di Kali Ciherang - JPNN.com Jabar
Alat berat dikerahkan untuk mengangkat sampah dari aliran Kali Ciherang di Desa Karangsatu, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Jumat (3/3/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi menyiapkan 10 truk untuk mengangkut puluhan ton sampah yang menumpuk di aliran Kali Ciherang, Desa Karangsatu, Kecamatan Karangbahagia.

"Sampah ini selanjutnya akan kami bawa ke TPA Burangkeng," kata Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sumardi, Jumat (3/3).

Ia mengatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup bersama Dinas Sumber Daya air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi mengerahkan alat berat untuk mengangkat sampah dari daerah hulu sungai yang terbawa banjir dan menyangkut di Jembatan Kali Ciherang.

"Sampah tersebut mayoritas sampah domestik," ujarnya.

"Kami instruksikan Tim Oranye segera mengangkat sampah di Kali Ciherang untuk mengurangi risiko terjadi banjir sesuai arahan Pak Pj Bupati Bekasi dalam rangka tanggap darurat bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bekasi," sambung Sumardi.

Dia menambahkan sampah yang diangkat dari Kali Ciherang dikeringkan sejenak sebelum diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Burangkeng.

Sumardi mengimbau warga tidak membuang sampah ke sungai dan saluran air yang lain, terlebih semasa musim hujan seperti sekarang, karena bisa menghambat aliran air dan menyebabkan banjir.

"Intinya jangan membuang sampah di saluran air, karena dampaknya sangat besar dan bisa menyebabkan banjir. Jaga kebersihan, jaga lingkungan. Setiap warga berkewajiban menjaga lingkungan," tutup dia. (antara/jpnn)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi menyiapkan 10 truk untuk mengangkut puluhan ton sampah yang menumpuk di aliran Kali Ciherang.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News