Bapenda Jabar Siap Tingkatkan Realisasi Pendapatan 2023

Rabu, 01 Maret 2023 – 10:10 WIB
Bapenda Jabar Siap Tingkatkan Realisasi Pendapatan 2023 - JPNN.com Jabar
Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk melanjutkan tren positif yang sudah dicapai di tahun ini.

Ia pun mengapresiasi inovasi layanan yang sudah berjalan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Adapun realisasi pendapatan tahun 2022 Bapenda Jabar melebihi target hingga 104 persen, yakni Rp 32,7 triliun.

Kontribusi terbesar masih berasal dari pajak kendaraan bermotor, BBNKB, PBBKB, ditambah pajak air dan rokok yang mengalami kenaikan.

Wajib pajak yang memanfaatkan layanan digital pun meningkat. Salah satu indikatornya yakni transaksi pada aplikaso SAMBARA atau samsat on line yang mencapai 741 ribu transaksi dengan volume penerimaan Rp 685 miliar.

Pria yang karib disapa Emil itu menyampaikan, penggunaan pajak terus dimaksimalkan untuk membangun fasilitas publik hingga pemanfaatan untuk kegiatan sosial atau kesehatan.

Hal tersebut beririsan dengan banyak perbaikan di berbagai sektor, seperti pertumbuhan ekonomi yang membaik, desa tertinggal sudah nol dan lain sebagainya.

"Hingga bulan ini, sudah ada 500 penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pertumbuhan ekonomi tertinggi ada di jabar, 5,45 persen," katanya dalam keterangannya, Rabu (1/3).

Bapenda Jabar siap menjalankan instruksi Gubernur Jabar soal meningkatkan realisasi pendapatan di tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News