Kepala Kemenag Kabupaten Bogor: Ucapan Iwan Setiawan Tak Bermaksud Merendahkan Al-Qur'an

Rabu, 01 Maret 2023 – 00:25 WIB
Kepala Kemenag Kabupaten Bogor: Ucapan Iwan Setiawan Tak Bermaksud Merendahkan Al-Qur'an - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani sudah melakukan verifikasi atau tabayyun dengan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, terkait pernyataan sumpahnya soal isu jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Bogor.

Menurutnya, permasalahan tersebut dinilai sudah selesai dan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan tak ada maksud untuk merendahkan Al-Qur'an.

"Saya sudah tabayyun dengan Plt Bupati Bogor, bahwa esensi yang dimaksud beliau bukan menginjak Al-Qur'annya. Semua orang paham kalo bersumpah itu dengan Al-Qur'an toh, karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup kita umat Islam," ujar Syukri Ahmad, Selasa (28/2).

"Di dalam Al-Qur'an ada perintah larangan manusia untuk memperjualbelikan jabatan. Mungkin maksud beliau, tidak mungkinlah melakukan transaksional jabatan. Karena itu dilarang Allah seperti yang termaktub di dalam Kitab Suci Al-Qur'an," sambungnya.

Setelah mendengar langsung dari Plt Bupati Bogor, Syukri Ahmad menangkap bahwa pernyataannya tak sedikitpun bermaksud merendahkan Al-Qur'an.

"Setelah mendengar langsung dari beliau, jika transaksional jabatan itu memang benar dilakukan, berarti sama saja beliau sudah menginjak-injak kitab suci. Sesuatu yg mustahil untuk dilakukan orang beriman. Itu tanggung jawabnya dunia akhirat. Pak Plt Bupati kan bilang begitu. Coba secara utuh didengar lagi deh. Saya sudah Tabayyun dengan beliau. Alhamdulillah sudah clear," tandasnya.

Sekadar diketahui, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan tak sedikitpun ada niat untuk merendahkan Al-Qur'an.

"Sehubungan dengan pernyataan saya dalam menjawab pertanyaan terkait isu jual beli jabatan yang diberitakan, pernyataan tersebut hanya untuk menegaskan bahwa saya tidak pernah melakukan jual beli jabatan dalam proses mutasi dan promosi di lingkungan Pemkab Bogor," ujar Iwan Setiawan.

Kepala Kantor Kemenag sudah melakukan tabayyun dengan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, terkait pernyataan sumpahnya soal isu jual beli jabatan di Pemkab Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News