Nekat Berhenti Kuliah Ikut Program Petani Milenial, Pemuda Ini Justru Terlilit Utang

Kamis, 02 Februari 2023 – 13:03 WIB
Nekat Berhenti Kuliah Ikut Program Petani Milenial, Pemuda Ini Justru Terlilit Utang - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Rizky Anggara (21), pria asal Padalarang, Kabupaten Bandung Barat harus menelan kekecewaan atas program Petani Milenial yang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Program yang diinisiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan itu membawa tagline ‘Petani Milenial Tinggal di Desa, Penghasilan Kota, Bisnis Mendunia!’.

Ia menceritakan awal mula bergabung dengan program Petani Milenial.

Rizky merupakan peserta program Petani Millenial batch pertama untuk kategori tanaman hias. Tak sendiri, dia bersama 19 peserta lainnya dari seluruh penjuru Jawa Barat juga ikut termakan janji manis program ini.

“Saya sendiri merupakan peserta Petani Milenial Tanaman Hias batch 1 komoditas tanaman hias yang berlokasi di Lembang, bersama 19 orang lainnya. Waktu itu, serah terima simbolis tanaman hias secara virtual dengan Ridwan Kamil,” kata Rizky dihubungi, Kamis (2/2).

Rizky yang sebelumnya seorang mahasiswi ini bahkan rela mengambil cuti panjang untuk bisa fokus sebagai petani dalam program Petani Milenial.

“Sekarang saya masih kuliah, selama program kemarin cuti, sekarang karena tidak ada hasil diminta orangtua untuk lanjut kuliah,”tuturnya.

Ia mengungkapkan, mulai menaruh kecurigaan sejak awal penandatanganan kerja sama (PKS) dengan pihak PT Agro Jabar sebagai Avalist CV hingga Minaqu Indonesia sebagai offtaker saat peluncuran Petani Milenial di Lembang, pada 28 Juli 2021.

Salah seorang peserta Petani Milenial Rizky Anggara (21) mengungkapkan bobroknya program yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News