Nutrisionis: Asupan Zat Besi yang Cukup Jadi Kunci Pencegahan Anemi dan Stunting Pada Anak

Selasa, 31 Januari 2023 – 21:45 WIB
Nutrisionis: Asupan Zat Besi yang Cukup Jadi Kunci Pencegahan Anemi dan Stunting Pada Anak - JPNN.com Jabar
Para Mombassador SGM Eksplor mengikuti seminar kesehatan dalam peringatan 'Hari Gizi Nasional'. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak terkait permasalahan gizi.

Sebanyak 1 dari 3 anak Indonesia berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia.

Anemia adalah masalah kesehatan yang terjadi saat jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dibandingkan dengan jumlah normalnya, sering dikenal dengan penyakit kekurangan sel darah merah.

Bersama dengan asupan nutrisi yang tidak optimal, anemia menjadi salah satu faktor risiko terjadinya gangguan pertumbuhan yang merupakan awal terjadinya stunting.

Presiden Indonesia Nutrition Association dr Luciana B Sutanto mengatakan anak mulai rajin mengonsumsi makanan mengandung zat besi agar terhindar dari penyakit Anemia.

Zat besi memiliki peran penting pada tubuh anak, terutama untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya.

"Asupan zat besi yang tidak kuat dapat berdampak dalam jangka pendek pada menurunnya kecerdasan, fungsi otak, fungsi motorik anak seperti mudah kelelahan, nafsu makan buruk, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (31/1).

Kata Luciana, pada anak di atas 1 tahun, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan memberikan makanan gizi seimbang, termasuk pangan makanan dan minuman yang mengandung sumber protein hewani.

Nutrisionis merekomendasikan agar anak-anak rutin mengkonsumsi makanan mengandung zat besi dan vitamin c untuk mencegah penyakit anemia dan stunting pada anak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News