Resmi Bergelar Doktor, Cucun Ahmad Syamsurijal Raih Predikat Cumlade

Rabu, 25 Januari 2023 – 16:27 WIB
Resmi Bergelar Doktor, Cucun Ahmad Syamsurijal Raih Predikat Cumlade - JPNN.com Jabar
Cucun Ahmad Syamsurijal. Foto: Humas DPR RI

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal menyoroti keberhasilan Indonesia dalam menangani beberapa kali krisis.

Teranyar, Indonesia mampu melewati krisis kesehatan pada 2020 dengan adanya covid-19 yang berdampak pada semua sektor.

Hal itu diulas Cucun dalam sidang promosi Doktor untuk Bidang Ilmu Administrasi Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.

Cucun berhasil meraih predikat cumlaude dengan telah mempresentasikan disertasinya berjudul "Efektivitas Pengelolaan APBN dengan menggunakan kebijakan automatic stabilization dalam menghadapi krisis".

Hadir sejumlah tokoh penting, seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Keuangan, Sri Mulyadi, Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskndar, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana, dan lainnya.

"Dahulu kami sempat alami krisis pada 1980, 1997 yang berujung pada krisis politik bahkan tumbangnya rezim orde baru, kemudian krisis 2008 yang tiba-tiba dolar naik karena kebangkrutan Lehman Brader, lalu terakhir krisis 2020 covid-19. Jadi, ini penting dikaji juga diteliti. Nah, saya mencoba komparasikan dari krisis 1980, 1997, 2008, dan 2020," kata Cucun di Graha Sanusi, Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Rabu (25/1).

Cucun pun mengapresiasi Indonesia yang mampu melewati krisis-krisis tersebut. Sebab, bila dibandingkan dengan negara lain, kata Cucun, Indonesia paling tepat dan cepat mengambil keputusan walau sedikit terjadi perdebatan.

"Inilah mengapa saya teliti bagaimana kebijakan terhadap satu kondisi politik bila politiknya tak bagus, lalu perlu penataan DPR juga sebagai pengambil kebijakan karena keputusan negara bukan hanya eksekutif tapi harus dibahas dengan DPR. Jadi, ini penting diteliti dan dikaji, bahkan ada satu masukan dari saya kepada lembaga DPR untuk revisi UU tentang keuangan negara," katanya.

Cucun Ahmad Syamsurijal menyoroti keberhasilan Indonesia dalam menangani beberapa kali krisis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News