Jaga Kebersihan Sungai Cikeas dan Cileungsi, Tirta Kahuripan Jalin Kerja Sama Dengan KP2C

Kamis, 19 Januari 2023 – 18:35 WIB
Jaga Kebersihan Sungai Cikeas dan Cileungsi, Tirta Kahuripan Jalin Kerja Sama Dengan KP2C - JPNN.com Jabar
Tirta Kahuripan dan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) saat melakukan pertemuan dan rapat koordinasi. Foto: Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Tirta Kahuripan dan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) melakukan pertemuan untuk membahas rencana kerja sama yang akan dijalin antarkeduanya.

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, yang diwakili oleh Krisman Nuryadin sebagai Asisten Manajer Pengelolaan Sumber Air dan Puarman sebagai Ketua KP2C, sepakat berkolaborasi demi masyarakat Kabupaten Bogor dalam hal mitigasi bencana terkait Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi.                                  

KP2C sudah lama dikenal sebagai komunitas masyarakat yang berkonsentrasi pada kegiatan sistem peringatan dini bencana banjir dan peduli pada tata kelola lingkungan sungai.

Tentunya kegiatan tersebut sangat berkaitan erat dengan kepentingan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang sangat bergantung pada sungai sebagai sumber air baku untuk diolah menjadi air bersih bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

Dalam penjelasannya, Puarman memberikan gambaran umum permasalahan sungai tersebut, yaitu rusaknya vegetasi sekitar sungai sehingga kerap kali banjir saat musim penghujan, pembuangan limbah dari ratusan home industri dan industri besar, sampah rumpun bambu dan sampah rumah tangga.

Peran KP2C adalah memberikan peringatan dini apabila terjadi banjir di hulu sungai sebagai peringatan dini masyarakat yang tinggal di bantaran hilir sungai.

Tak hanya itu mereka juga kerap melakukan patroli susur sungai untuk mengawasi kelestarian sungai sambil memberikan edukasi kepada masyarakat, agar menjadikan sungai sebagai tempat wisata susur sungai yang menguntungkan secara ekonomi maupun ekologi.

Krisman Nuryadin pun mengakui Perumda Air Minum Tirta Kahuripan tentunya akan diuntungkan atas kegiatan positif dari KP2C dan siap mendukung program tersebut.

Jaga kualitas air baku di Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi hingga mitigasi bencana, Tirta Kahuripan dan KP2C sepakat menjalin kerja sama dan siap bersinergi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News