Sudah 3 Tahun Besaran Bankeu Pemprov Jabar Untuk Bogor Kian Menyusut

Rabu, 18 Januari 2023 – 16:15 WIB
Sudah 3 Tahun Besaran Bankeu Pemprov Jabar Untuk Bogor Kian Menyusut - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya mengungkapkan bahwa besaran bantuan keuangan (bankeu) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menyusut pada 2023.

"Pada 2021 sekitar Rp360 miliar, kemudian turun drastis pada 2022 menjadi sekitar Rp123 miliar. Tahun ini hanya sebesar Rp93,8 miliar," katanya, Rabu (18/1).

Bankeu yang diberikan Pemprov Jabar kepada Kabupaten Bogor sebesar Rp93,8 miliar itu disahkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 118 tahun 2022 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023.

Legislator asal Kabupaten Bogor ini menduga penurunan jumlah bankeu untuk Kabupaten Bogor karena lemahnya komunikasi yang dijalin Pemkab Bogor kepada Pemprov Jabar, terlebih bankeu 2021 untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parung tidak diserap maksimal.

"Secara teknis, saya kira juga lebih pada soal komunikasi antara Pemkab Bogor dan Pemprov Jabar juga, termasuk di dalamnya terkait dengan soal kualitas kinerjanya pada saat diberikan bantuan keuangannya kan?" kata pria yang akrab disapa Kang AW itu.

Dia pun memastikan bahwa dalam bankeu provinsi tahun ini yang angkanya hampir setara dengan nilai lelang pembangunan RSUD Parung tahun 2021, tetapi tidak ada pos anggaran untuk melanjutkan pembangunan rumah sakit yang berlokasi di wilayah utara Kabupaten Bogor itu.

"Dalam bantuan keuangan sekarang sudah bisa dipastikan tidak ada bantuan anggaran untuk pembangunan RSUD Bogor Utara," ujarnya.

Kang AW memaparkan bankeu tahun ini paling besar dialokasikan untuk jaminan kesehatan bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebesar Rp43,675 miliar, kemudian pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional antardesa dan pembangunan tanki septik individual sebesar Rp21,575 miliar.

Sudah tiga tahun, bantuan keuangan (bankeu) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus menyusut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News