4 Pengobatan Alami Ini Ampuh Atasi Sembelit

Rabu, 18 Januari 2023 – 08:30 WIB
4 Pengobatan Alami Ini Ampuh Atasi Sembelit - JPNN.com Jabar
Ilustrasi wanita yang mengalami sembelit. Foto: Hellosehat

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Apakah Anda sering mengalami sembelit? Sembelit merupakan keadaan saat Anda sulit buang air besar beberapa kali dalam seminggu.

Sembelit bisa mengakibatkan perut kembung, nyeri akibat tinja yang tidak bisa keluar. Sembelit biasanya sering terjadi akibat Anda jarang minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya serat.

Namun tidak perlu khawatir, untuk mengatasi sembelit Anda bisa menggunakan beberapa pengobatan alami yang bebas bahan kimia ini. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Perbanyak Minum Air

Tinja yang kering dan keras bisa menjadi penyebab sembelit, jadi semakin banyak air yang diminum, semakin mudah Anda mengeluarkannya.

Memperbanyak minum air sangat penting khususnya jika Anda meningkatkan asupan serat dalam diet Anda.

2. Makan Lebih Banyak Serat

Serat adalah laksatif alami. Serat merupakan pengobatan alami yang bisa meningkatkan kandungan air di dalam tinja dan memadatkannya.

Sehingga bisa menyembuhkan sembelit. Mengubah asupan serat secara tiba-tiba bisa menyebabkan timbulnya gas dan perut kembung.

Jadi, perbanyak serat makanan secara bertahap dalam beberapa kali waktu makan.

Atasi sembelit dengan empat pengobatan alami ini, di antaranya perbanyak konsumsi serat dan minum air putih.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News