Dinilai Berhasil Atasi Wabah PMK, Ridwan Kamil Terima Penghargaan dari Asosiasi Peternak

Sabtu, 31 Desember 2022 – 15:00 WIB
Dinilai Berhasil Atasi Wabah PMK, Ridwan Kamil Terima Penghargaan dari Asosiasi Peternak - JPNN.com Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6). Foto Ilustrasi: Humas Pemprov Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan dari para pelaku usaha peternakan, atas atensi tinggi dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak.

Apresiasi juga diperoleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari insan dan asosiasi yang terkait dengan kesehatan peternakan.

Penyerahan penghargaan dilakukan sekaligus dengan penyerahan dan peluncuran mobil pelayanan veteriner di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (31/12).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun yang menantang bagi dunia peternakan di Jawa Barat.

Sebagai salah satu sentra peternakan domba dan sapi perah di indonesia, wabah PMK yang muncul kembali setelah 32 tahun ditetapkan bebas dari PMK oleh WHO.

Menurutnya, dukungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil memiliki peranan penting dalam keberhasilan Pemprov Jabar menangani wabah PMK.

"Alhamdulillah, sampai dengan hari ini, dari 68 ribu ternak tertular PMK, tingkat kesembuhan mencapai 82,2%, tingkat kematian 16,8%, dan kasus aktif hanya tersisa 504 ekor atau setara 0,79%," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (31/12).

Arifin menuturkan, untuk mempercepat pemulihan populasi ternak terdampak PMK, pada tahun 2023 mendatang telah dialokasikan penyebaran 138 ekor ternak sapi perah induk impor bekerjasama dengan GKSI Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan dari asosiasi peternak atas dukungannya dalam penanganan wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News