Sepanjang 2022, Pencari Kerja di Kabupaten Karawang Mencapai 28.569 Orang

Kamis, 29 Desember 2022 – 16:45 WIB
Sepanjang 2022, Pencari Kerja di Kabupaten Karawang Mencapai 28.569 Orang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi lowongan kerja. Ilustrator: Annizhammul/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Jumlah pencari kerja di Kabupaten Karawang sepanjang tahun 2022 mencapai 28.569 orang menurut data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Jumlah pencari kerja itu sesuai dengan data Infoloker Disnakertrans Karawang," kata Kepala Bidang Penerimaan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Endang Syafrudin, Kamis (29/12).

Dari total 28.569 orang yang tercatat sebagai pencari kerja di Kabupaten Karawang, hanya 26.379 orang yang mendapat pekerjaan.

"Sisanya, sebanyak 2.190 orang belum terserap industri. Jadi, pada tahun ini penyerapan industri baru 75 persen," katanya.

Menurut dia, hal itu terjadi karena lowongan kerja di Kabupaten Karawang masih terbatas pada masa transisi dari situasi pandemi Covid-19.

Dia menjelaskan bahwa Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah berkolaborasi mengelola penyampaian informasi lowongan kerja via daring.

Namun, menurut dia, sampai saat ini belum seluruh perusahaan di Kabupaten Karawang menyampaikan informasi lowongan kerja melalui platform daring yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Dia menyampaikan bahwa jumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Karawang sampai 1.400 lebih, tetapi masih kurang dari 500 perusahaan yang menyampaikan informasi lowongan kerja melalui platform daring yang disediakan oleh pemerintah daerah. 

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang mencatat sepanjang 2022, sebanyak 28.569 orang mencari kerja dan hanya 26.379 orang yang terserap.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News