18 Desa di Kabupaten Bogor Belum Tersentuh Sinyal Internet

Rabu, 28 Desember 2022 – 15:30 WIB
18 Desa di Kabupaten Bogor Belum Tersentuh Sinyal Internet - JPNN.com Jabar
Ilustrasi warga sedang bermain media sosial. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyatakan bahwa wilayah susah sinyal atau blank spot kini tersisa 18 desa.

"Terhitung pada bulan kemarin setelah kami data kembali, terjadi penurunan desa-desa yang terindikasi lemah sinyal, sekarang tinggal 18 desa saja," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto, dikutip Rabu (28/12).

Pasalnya, pada awal tahun 2022 Pemkab Bogor mencatat masih ada 35 desa sebagai wilayah blank spot.

Bayu meyakini jumlah wilayah blank spot di daerahnya akan terus berkurang.

Dia menyebutkan berkurangnya wilayah blank spot tersebut merupakan hasil dari upaya Pemkab Bogor yang intens berkoordinasi dengan Asosiasi Pengembang Infrastruktur Menara Telekomunikasi (Aspimtel).

"Jadi, ketika daerah itu lemah sinyal, bukan berarti harus ada menara di daerah tersebut, tetapi bisa saja cukup dengan digeser sekian derajat saja antenanya. Dan itu cukup untuk mengurangi atau menjadi solusi untuk masalah lemah sinyal," ujar Bayu.

Menurutnya Pemkab Bogor juga berupaya menghilangkan kesenjangan transformasi digital antara masyarakat di wilayah perkotaan dengan di desa, caranya dengan memenuhi ketersediaan teknologi informasi dan komunikasi.

Bayu menyebutkan bahwa upaya itu dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Bogor cakap digital, meski secara geografis wilayahnya terdiri dari pegunungan, yang cenderung sulit mendapatkan jaringan internet.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyatakan ada 18 desa di Kabupaten Bogor yang wilayah susah sinyal atau blank spot.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News