Diresmikan Jokowi, Bendungan Sadawarna Diharapkan Tingkatkan Produktifitas Pangan Jawa Barat

Rabu, 28 Desember 2022 – 14:00 WIB
Diresmikan Jokowi, Bendungan Sadawarna Diharapkan Tingkatkan Produktifitas Pangan Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Diresmikan Jokowi, Bendungan Sadawarna Diharapkan Tingkatkan Produktifitas Pangan Jawa Barat. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan Bendungan Sadawarna di Dusun Songgom Desa Tanjung Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang, Selasa (21/12).

Secara geografis, bendungan tersebut berada di tiga wilayah kabupaten yakni Sumedang, Subang dan Indramayu.

Peresmian bendungan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dengan dilanjutkan penandatanganan prasasti.

Jokowi mengatakan, bendungan tersebut merupakan bendungan ke-33 di Indonesia dan ke-5 di Jawa Barat yang diresmikan olehnya selama menjabat sebagai Presiden RI.

"Pembangunannya dimulai sejak 2018, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 2,65 triliun, memiliki luas genangan 680 hektare dan bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com, Rabu (28/12).

Lebih lanjut, Jokowi berharap pembangunan Bendungan Sadawarna dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Indramayu.

“Indramayu adalah penyumbang (pangan) surplus nomor satu terbesar di Indonesia. Dan kami harapkan tidak turun, tetapi naik seperti Gubernur (Ridwan Kamil) sampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta untuk Kabupaten Indramayu,” ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Sumedang yang telah merelakan lahannya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di wilayah Indramayu.

Presiden Jokowi berharap Bendungan Sadawarna di Sumedang dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi padi Kabupaten Indramayu.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News