Waspada! 28 Desember Jabodetabek Berpotensi Dilanda Badai Besar

Selasa, 27 Desember 2022 – 15:45 WIB
Waspada! 28 Desember Jabodetabek Berpotensi Dilanda Badai Besar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Terkait informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan adanya badai besar pada 28 Desember 2022 yang melanda Jabodetabek, Damkar Kota Depok menyiagakan sejumlah personel dan perlengkapan guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau kami dari Damkar akan tetap antisipasi, informasi badai besar dan sebagainya juga kami kan tidak tahu persis akan betul terjadi atau bagaimana. Memang benar ada informasi tersebut dan harus kami antisipasi untuk bencana hidrometerologi akibat cuaca yang ekstrem,” ucap Kepala Dinas Damkar Kota Depok, Gandara Budiana saat dihubungi, Selasa (27/12).

Pihaknya mengaku bahwa sejak Oktober Damkar Depok telah melakukan kesiapsiagaan bencana, baik dengan instansi terkait, TNI, Polri dan BPBD untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

“Sehingga kami sudah mengadakan pelatihan-pelatihan bersama, untuk antisipasi apabila terjadi semacam itu. Khususnya yang terkait dengan badai besar, hujan lebat, puting beliung, yang mengakibatkan banjir, longsor dan sebagainya,” ujarnya.

Gandara mengaku semua sudah disiapkan dan juga koordinasi sudah dilakukan dengan seluruh UPT yang ada di Kota Depok.

“Kami kan memiliki lima UPT, dua pos dan satu mako, itu sudah diantisipasi dan personel tetap siaga mengantisipasi itu. Kemudian kami juga melakukan koordinasi dengan instansi terkai, TNI, Polri, Dinsos, Tagana, DLHK dan PUPR yang juga memiliki Satgas Banjir,” tuturnya.

Damkar juga telah menginformasikan hal tersebut kepada masyarakat, sehingga masyakat bisa mengantisipasi dan tetap waspada untuk esok hari.

“Masyarakat juga sudah kami informasikan untuk selalu waspada terutama yang berada di wilayah-wilayah rawan bencana. Tetapi kami berharap badai besar tersebut tidak terjadi,” pungkasnya. 

Terkait adanya informasi akan terjadinya badai besar di wilayah Jabodetabek pada 28 Desember 2022, Damkar Depok siagakan anggota diseluruh UPT.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News