JJ Rizal Sebut 2 Dosa Besar Pemkot Depok Soal Relokasi SDN Pondok Cina 1

Sabtu, 10 Desember 2022 – 21:00 WIB
JJ Rizal Sebut 2 Dosa Besar Pemkot Depok Soal Relokasi SDN Pondok Cina 1 - JPNN.com Jabar
Potret wali murid yang mengajar siswa SDN Pondok Cina 1. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Sejarawan JJ Rizal turut berkomentar terkait kisruh SDN Pondok Cina 1 yang akan direlokasi menjadi masjid raya.

Rizal mengaku sangat menyangkan langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yang akan melakukan penggusuran gedung sekolah yang memiliki sejarah tersebut.

“Ketika Pak Wali Kota ingin menggusur SDN Pondok Cina 1, itu artinya tidak memahami identitas Kota Depok yang bersejarah, karena ini sudah berdiri lebih dari 50 tahun dan termasuk artefak,” ucap JJ Rizal dikutip Sabtu (10/12).

Menurutnya, jika Pemkot Depok melakukan pemnggusuran terhadap SDN Pondok Cina 1 maka dosa yang dilakukannya itu berlipat.

“Yang pertama tidak mengurus dan merusak artefak bersejarah, dan juga tidak peduli dengan nasib anak-anak di SDN Pondok Cina 1,” terangnya.

Seharusnya, bangunan cagar budaya tersebut dirawat dan dilestarikan.

“Karena ini bersejarah dan dapat dikaitkan ke Undang-undang Cagar Budaya nomor 11 tahun 2010, karena ini umurnya 50 tahun lebih,” jelasnya.

Selain itu, JJ Rizal juga menybeut bahwa Pemkot Depok tidak menunjukan apa yang ada dalam lambang Kota Depok.

Sejarawan JJ Rizal menyabut, bangunan SDN Pondok Cina 1 seharusnya dijadikan sebagai cagar budaya karena sudah berdiri lebih dari 50 tahun
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News