Pemkot Bogor Siapkan Langkah Jitu Untuk Mencegah Inflasi Menjelang Nataru

Kamis, 08 Desember 2022 – 14:40 WIB
Pemkot Bogor Siapkan Langkah Jitu Untuk Mencegah Inflasi Menjelang Nataru - JPNN.com Jabar
TPID Kota Bogor menggelar rapat koordinasi untuk membahas pengendalian inflasi di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor. Foto : Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Bogor menggelar rapat koordinasi untuk membahas pengendalian inflasi yang berlangsung di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor.

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah ini membahas tujuh kegiatan utama pengendalian inflasi di Kota Bogor menjelang natal dan tahun baru (Nataru).

"Dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, sampai ke pemerintah kabupaten/kota rutin menggelar rapat pengendalian inflasi secara periodik untuk mengendalikan inflasi," ujar Syarifah.

Syarifah mengatakan dalam pengendalian inflasi daerah pihak TPID Kota Bogor akan melakukan tujuh kegiatan, yakni melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) langsung di pasar.

Selama ini operasi pasar murah digelar di enam kecamatan bekerja sama dengan DKPP, Dinkumdagin dan distributor yang menyediakan barang-barang komoditas dengan harga lebih murah dan bisa dibeli masyarakat.

"Di bulan ini, OPM akan dilakukan di pasar bekerja sama dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya karena pemantauan harga dilakukan di pasar. Jadi, sasarannya tidak hanya murah dan bisa dibeli masyarakat, tetapi harga barang-barang komoditas di pasar benar-benar murah," ujarnya.

Kegiatan kedua, yakni melakukan sidak tim gabungan dengan kepolisian dan perangkat daerah. Sidak ini tujuannya untuk memberi shock therapy kepada pedagang agar tidak hanya mementingkan profit.

Yakni mengambil kesempatan di natal dan tahun baru sehingga menjual barang dengan harga tinggi atau melakukan penimbunan di beberapa komoditas sehingga harganya menjadi mahal.

Untuk mengantisipasi adanya inflasi jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), TPID Kota Bogor lakukan koordinasi untuk membahas berbagai upaya yang dilakukan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News