Banyak Warga Mengeluh Tak Bisa Menonton TV, KPID Jabar Merespons

Sabtu, 03 Desember 2022 – 18:00 WIB
Banyak Warga Mengeluh Tak Bisa Menonton TV, KPID Jabar Merespons - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Set Top Box (STB) Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menyarankan agar masyarakat segera beralih menggunakan Set Top Box (STB) agar bisa kembali melihat siaran televisi.

Saran itu seusai dilakukannya penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) yang berlaku di seluruh wilayah Jabar sejak Jumat (2/12) pukul 00.00 WIB.

“Aturan ASO sudah disosialisasikan sejak jauh-jauh hari, kami sudah melakukan sosialisasi, bahkan Indonesia sudah menandatangani perjanjian dalam International Telecommunication Union 2006,” kata Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet dikonfirmasi, Sabtu (3/12).

Menurut Adiyana, masyarakat tidak perlu panik karena tidak bisa menyaksikan siaran Televisi.

Saat ini, seluruh siaran televisi masih bisa disaksikan asal menggunakan alat STB. Semua siaran tersedia, bahkan pemerintah pusat dan pemegang Multipleksing juga sudah memberikan program STB gratis.

“Kominfo itu sudah memberikan program STB gratis jadi jangan takut tidak bisa nonton siaran TV. Kominfo sudah menyediakan bantuannya,” jelasnya.

Selain bantuan, kata Adiyana, STB juga sudah banyak dijual di pasaran. Sehingga, memudahkan masyarakat untuk bisa menikmati siaran TV digital dengan konten dan gambar yang lebih bagus.

“Jadi, STB ini juga semakin mempermudah masyarakat mendapatkan siaran dengan gambar yang lebih jernih, suaranya jernih, dan teknologinya canggih,” tutur dia.

KPID Jabar minta warga segera pakai STB agar bisa kembali menyaksikan siaran televisi digital.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News