Imbas Gempa Cianjur, DKPP Jabar Catat Ribuan Hewan Ternak Terdampak

Jumat, 02 Desember 2022 – 20:57 WIB
Imbas Gempa Cianjur, DKPP Jabar Catat Ribuan Hewan Ternak Terdampak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi hewan ternak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat mencatat ada ribuan hewan ternak yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Saat ini pendataan masih terus dilakukan oleh petugas DKPP Jabar.

Kepala DKPP Jabar Arifin Soedjayana mengatakan, sejumlah peternakan di Cianjur dipastikan terdampak gempa.

Dari peristiwa ini ada sejumlah desa yang disebut desa korporasi yang mengelola sentra sapi potong.

“Desa-desa ini mengelola 1.000 sapi potong program Kementerian Pertanian, ini baru berjalan akhir 2021 dan tersebar di beberaoa kecamatan. Ada 4-5 desa korporasi di lokasi terdampak di Kecamatan Cugenang,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (2/12).

Ia menjelaskan, dari laporan di lapangan, sejumlah peternak sapi potong dan perah mulai mengeluhka kesulitan pakan ternak karena wilayahnya terkepung reruntuhan bangunan dan longsoran tanah.

“Peternak tidak mengeluhkan pakan karena Kementerian Pertanian sudah menyediakan dan menyalurkan bantuan. Stok konsentrat juga mereka punya stoknya, hanya hijauan pakan ternak agak susah,” terangnya.

DKPP Jabar pun menyiapkan solusi yakni menyalurkan stok pakan hijau ternak yang ada di UPTD DKPP Jabar di Desa Buni Asih, Warungkondang, Kabupaten Cianjur.

Pemenuhan pakan hijau ternak nantinya disalurkan pada peternak sapi.

DKPP Jabar mengungkap ada banyak hewan ternak yang terdampak akibat bencana gempa di Kabupaten Cianjur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News