JQR dan Solar Generation Bangun Kelistrikan dengan Energi Terbarukan di Cianjur

Kamis, 01 Desember 2022 – 21:00 WIB
JQR dan Solar Generation Bangun Kelistrikan dengan Energi Terbarukan di Cianjur - JPNN.com Jabar
JQR dan Solar Generation Bangun Kelistrikan dengan Energi Terbarukan di Cianjur. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Jabar Quick Response berkolaborasi dengan komunitas pembuat instalasi listrik energi terbarukan untuk melakukan pemulihan kelistrikan akibat gempa di Kabupaten Cianjur.

Komunitas yang bernama Solar Generation ini bergerak cepat bersama Jabar Quick Response menyusuri desa-desa yang listriknya masih padam.

Pada Jumat 25 November 2022, tim berhasil membangun aliran listrik menggunakan energi solar panel di dua titik lokasi yakni di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang dan Jalan Pasir Gombong , Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang.

Perwakilan Komunitas Solar Generation Rakha Naufal mengatakan, pihaknya akan membantu warga yang masih belum teraliri listrik akibat gempa bumi di Cianjur.

Dengan menggunakan energi terbarukan, kata Rakha, pihaknya juga sambil mengampanyekan pemanfaatan potensi energi matahari menjadi energi listrik yang ramah lingkungan.

“Solar Generation merupakan komunitas anak muda yang ingin mengedukasi warga di Indonesia untuk beralih ke energi terbarukan. Kami berfokus di solar panel yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik,” ujar Rakha dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikuti Kamis (1/12).

Rakha menjelaskan, komunitas Solar Generation berdiri tahun 2007. Namun, dirinya baru menggelutinya dari tahun 2018.
Selain membantu warga di desa-desa yang belum teraliri listrik atau terdampak akibat bencana, kampanye penggunaan energi terbarukan ini dilakukan melalui kegiatan musik.

Solar Generation telah berhasil memasang energi terbarukan menggunakan solar panel di dua titik, untuk di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang memasang 2400 watt untuk memasang di tenda pengungsian.

Jabar Quick Response bersama komunitas Solar Generation melakukan pemulihan kelistrikan di desa terdampak Gempa Cianjur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News