Gempa Tektonik 5,2 SR Guncang Selatan Cianjur, Getarannya Terasa Hingga ke Bandung

Sabtu, 18 November 2023 – 10:53 WIB
Gempa Tektonik 5,2 SR Guncang Selatan Cianjur, Getarannya Terasa Hingga ke Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa tektonik dengan kekuatan 5,2 SR di wilayah Pantai Selatan Cianjur pada Sabtu (18/11) pukul 06.34 WIB. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menuturkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki paramete update dengan magnitudo M5,1.

"Gempa bumi terletak pada koordinat 7,87° LS ; 107,21° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 Km arah BaratDaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 58 km," kata Daryono dalam keterangannya. 

Daryono menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa dangkal. 

"Gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," tuturnya. 

Ia pun memastikan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Getaran gempa bumi ini rupanya terasa hingga beberapa wilayah di Jawa Barat, salah satunya Kota Bandung. 

Muhammad Shantun Abdillah, salah seorang warga di Kecamatan Antapani, Bandung mengaku merasakan getaran gempa ketika sedang berada di kediamannya. 

Gempa bumi berkekuatan besar 5,2 SR guncang wilayah Pantai Selatan Cianjur. Getarannya terasa hingga ke Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News