Luas Lahan Kritis di Jabar Mencapai 907.979 Hektare, Jabar Gencarkan Kampanye Tanam Pohon

Selasa, 29 November 2022 – 13:55 WIB
Luas Lahan Kritis di Jabar Mencapai 907.979 Hektare, Jabar Gencarkan Kampanye Tanam Pohon - JPNN.com Jabar
Peringatan 'Hari Menanam Pohon Indonesia' yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sejak tahun 2021 sukses merehabilitasi 354.427,62 hektare luas lahan kritis.

Namun, tercatat masih ada 907.979 hektare lahan kritis di Jawa Barat. Adapun 72,5 persen atau seluas 658.834 hektare masuk dalam kategor sangat kritis.

Memperingati ‘Hari Pohon Sedunia’, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat menggelar kampanye tanam pohon sesuai dengan Keputusan Presiden RI No 24 Tahun 2008.

Gerakan tanam pohon ini dilakukan Pemprov Jabar bersama masyarakat dengan jumlah 95.760 pohon di kabupaten/kota di Jawa Barat, yang dibagi berdasarkan sembilan wilayah cabang Dinas Kehutanan bersama dengan Pemerintah Daerah di 27 kabupaten/kota.

Pusat penanaman pohon berada di Kabupaten Garut yaitu di Bendung Copong Kampung Maleer dan Aerosport Haruman Jingga.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepeduliaan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui pemanfaatan lahan yang berkelanjutan, di antaranya melalui penanaman pohon,” kata Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas dalam keterangannya, Senin (28/11).

Selain penanaman pohon yang dilakukan hari ini, telah dilakukan penanaman 20.000 pohon oleh Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.

Kemudian, CDK VIII di Kabupaten Majalengka juga melakukan hal serupa dengan menanam 30.000 pohon.

Memperingati 'Hari Pohon Sedunia', DLH Jabar mengampanyekan penanaman pohon yang dilakukan di 27 kabupaten kota Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News