Anggaran Penanganan Sampah Jawa Barat Hanya 0,4 Persen dari APBD 2024

Senin, 26 Februari 2024 – 08:00 WIB
Anggaran Penanganan Sampah Jawa Barat Hanya 0,4 Persen dari APBD 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Sampah. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menganggarkan 0,4 persen dari APBD Tahun Anggaran 2024 yang senilai Rp36,79 triliun untuk penanganan sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kepala DLH Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtias menganggap alokasi anggaran tersebut terlalu kecil, mengingat luasnya wilayah Jawa Barat dengan timbulan sampah yang mencapai 25 ribu ton per hari.

"Dana kami itu 0,4 persen alokasi (penanganan) sampah. Sepertinya memang perlu dihitung kembali untuk bisa disampaikan di tingkat pengambil kebijakan," ungkap Prima pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Ia menjelaskan pada tahun 2024 DLH Provinsi Jawa Barat mengelola anggaran sekitar Rp151 miliar. Dari anggaran tersebut, 70 persen di antaranya untuk penanganan sampah.

Sedangkan DLH Provinsi Jawa Barat perlu membiayai penanganan bidang lingkungan hidup lainnya dengan sisa anggaran 30 persen.

"Hal lainnya seperti polusi udara, pencemaran air, limbah B3, emisi gas rumah kaca, penegakan hukum, kaitan perencanaan dokumen lingkungan, laboratorium, kan banyak banget," bebernya.

Prima berharap HPSN kali ini menjadi momentum para pemangku kebijakan untuk berkomitmen tinggi menangani persoalan sampah secara menyeluruh.

Menurut dia, komitmen tinggi para pemangku kebijakan itu juga berkaitan dengan porsi anggaran penanganan lingkungan yang masih minim jika dibandingkan sektor lainnya.

Anggaran penangan sampah Pemprov Jabar di tahun ini hanya Rp36,79 triliun atau setara 0,4 persen dari APBD Jawa Barat 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News