DLH Jawa Barat: Sampah Warga Jabar Harus Berkurang 30 Persen di 2025 Mendatang

Kamis, 22 Februari 2024 – 09:30 WIB
DLH Jawa Barat: Sampah Warga Jabar Harus Berkurang 30 Persen di 2025 Mendatang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Sampah. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mengingatkan pemerintah kota/kabupaten mengenai target pengurangan sampah hingga 30 persen pada tahun 2025.

Kepala DLH Jawa Barat, Prima Mayaningtias menyebutkan bahwa target tersebut merupakan Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) 2025 yang harus dicapai setiap pemerintah kota/kabupaten.

"Hal itu menjadi PR (pekerjaan rumah) kami untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk pengurangan 30 persen timbulan sampah pada 2025," ujar Prima.

Ia menyebutkan produksi sampah di Jawa Barat saat ini mencapai 25 ribu ton per hari.

Jumlah tersebut belum terkelola dengan baik karena sejauh ini pemerintah kota/kabupaten masih bertumpu pada tempat pengolahan dan pemrosesan akhir sampah (TPPAS) regional.

"Belum terkelola dengan baik pada konsep pengurangan, karena kami mencatat di hilirnya hampir 80-90 persen seluruhnya terbuang sampai di regional kami," ujarnya.

Ia mengemukakan beberapa permasalahan yang hingga kini masih masih dalam upaya penanganan yaitu besaran tipping fee atau bea gerbang yang dikeluarkan pemerintah ke pihak pengolah sampah.

Kemudian sarana prasarana hingga aspek kelembagaan yang tata kelolanya belum begitu baik.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mengingatkan pemerintah kota/kabupaten mengenai target pengurangan sampah hingga 30 persen pada tahun 2025.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News