Ridwan Kamil Akan Kirim ASN Jabar ke Jepang Belajar Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Sabtu, 26 November 2022 – 12:45 WIB
Ridwan Kamil Akan Kirim ASN Jabar ke Jepang Belajar Mitigasi Bencana Gempa Bumi - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto : Humas Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berencana mengirimkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar ke Prefektur Shizuoka, Jepang untuk belajar mitigasi bencana gempa bumi.

Hal itu dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan ASN Jabar dalam membuat rumah tahan gempa di masa depan.

"Rumah tahan gempa salah satu yang nanti kita kerja samakan dengan Prefektur Shizuoka," kata Ridwan Kamil, dikutip Sabtu (26/11).

Orang nomor satu di Jabar ini menuturkan, rumah tahan gempa akan hadir di Jawa Barat berdasarkan hasil rekomendasi Presiden Jokowi ketika memberikan bantuan kepada warga yang tedampak bencana di Kabupaten Cianjur.

Rumah tahan gempa tersebut, nantinya akan dibangun di lokasi yang baru dan di rumah yang memang sudah dibangun. Akan ada penguatan-penguatan secara khusus, maka dari itu dirinya akan mengirimkan ASN Jabar ke Jepang untuk belajar ilmu tersebut.

"Rumah tahan gempa di lokasi baru dan di rumah yang sudah ada, yang mungkin sudah terbangun dilakukan penguatan-penguatan. Kami juga akan mengirim staf Pemprov Jabar ke Shizuoka untuk mempelajari mitigasi bencana gempa bumi karena mereka sudah pengalaman lebih dari 50 tahun," ujarnya.

Sementara itu, Wakll Gubernur Prefektur Shizuoka Jepang Tsutomu Ideno menjelaskan, wilayahnya memang sama seperti Indonesia sering mengalami gempa bumi. Bahkan, selama 50 tahun telah melakukan berbagai kebijakan untuk penanganan gempa bumi yang baik.

"Di kami selama 50 tahun lebih ini memang ada banyak kebijakan yang ditempuh untuk penanganan bencana gempa bumi. Saya berharap dengan adanya perpanjangan MoU antara Shizuoka dan Pemda Provinsi Jabar ada juga kerja sama khususnya di bidang penanggulangan bencana teruatama gempa bumi," tutur Tsutomu Ideno.

Untuk mempelajari mitigasi bencana gempa bumi, Ridwan Kamil akan mengirim ASN Jabar ke Prefektur Shizuoka, Jepang
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News