Ridwan Kamil Pastikan Biaya Perawatan Medis Korban Gempa Dibayar Pemerintah

Kamis, 24 November 2022 – 10:35 WIB
Ridwan Kamil Pastikan Biaya Perawatan Medis Korban Gempa Dibayar Pemerintah - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi korban gempa di RSUD Sayang Cianjur, Senin (21/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur dibebaskan dari tagihan layanan kesehatan, mulai dari biaya ambulans hingga rumah sakit.

Ia menegaskan, hal tersebut sudah dibahas bersama komite rumah sakit, termasuk mekanisme penggantian dari pemerintah.

Menurutnya, komitmen penanggungan biaya sudah disampaikan langsung dihadapan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Semua tagihan digratiskan. Tagihan ke Pemprov (Jabar). Sudah clear karena semua asosiasi rumah sakit sudah dirapatkan. Ada Pak Menkes sebagai saksi, tidak boleh menagih ke korban, mau ambulans mau apa, tagihnya ke pemerintah," kata Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (24/11).

Sejauh ini, Ridwan Kamil menyebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menggunakan anggaran Rp 2 miliar untuk semua kebutuhan para korban, termasuk warga yang mengungsi di tenda darurat.

Menurut dia, dari tinjauan langsung di beberapa lokasi, Ia menyebut pengungsi itu terbagi di dua tempat.

Ada yang bergabung di tempat yang disiapkan pemerintah secara terpusat di tiap kecamatan, ada pula yang memilih mendirikan tenda darurat di dekat rumahnya.

Namun, semua kebutuhan dasar termasuk logistik untuk korban harus terpenuhi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan korban gempa Cianjur dibebaskan dari tagihan rumah sakit dan ambulance. Seluruh tagihan dibayar oleh Pemprov Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News