Kongres Pemda Se-Asia Timur, Sepakati Majukan Bidang Industri dan Pariwisata

Sabtu, 26 November 2022 – 11:08 WIB
Kongres Pemda Se-Asia Timur, Sepakati Majukan Bidang Industri dan Pariwisata - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri General Session Kongres Pemda Se-Asia Timur ke-11 dilanjutkan penandatanganan MoU Pemdaprov Jabar dan Shizuoka Prefecture di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung. Foto : Hunas Jabar.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Daerah Se-Asia Timur ke-11 menggelar kongres yang menghasilkan kerjasama di bidang industri dan pariwisata dari ketujuh negara anggota yang hadir.

Diketahui, delegasi yang hadir yakni dari Indonesia, Vietnam, China, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, dan Filipina sepakat akan saling mendukung demi pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19.

"Ada dua poin utama, yaitu kerjasama di bidang industri, sehingga bisa saling jual beli, saling berinvestasi sesama negara anggota," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan konferensi pers di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, dikutip Sabtu (26/11).

Kedua,  membuka gerbang pariwisata. Hal tersebut disepakati semua negara, karena pariwisata adalah cara paling cepat dalam membangkitkan ekonomi lokal masing-masing.

"Apalagi kalau saling promosi di negara-negara anggota kongres ini," terangnya.

Dirinya menilai, penyelenggaraan KTT G20 memberikan stimulus bagi pelaksanaan Kongres Pemda se-Asia Timur, sehingga Indonesia selalu dipercaya sebagai tuan rumah diplomasi negara dalam menghasilkan sebuah kebijakan.

"Acara ini juga beriringan dengan KTT G20 di Bali, sehingga bisa menyaksikan Indonesia banyak dipercaya dalam menyelenggarakan diplomasi berkelompok di dunia, maupun di level Benua Asia," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebut, ekonomi digital menjadi kekuatan yang dapat mengiringi kesepahaman tentang kerja sama di bidang industri dan pariwisata.

Kongres Pemerintah Daerah Se-Asia Timur ke-11 hasilkan kerjasama di bidang industri dan pariwisata
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News