Pelaku UMKM Perempuan Memiliki Peranan Penting Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Kamis, 24 November 2022 – 18:12 WIB
Pelaku UMKM Perempuan Memiliki Peranan Penting Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia - JPNN.com Jabar
Suasana keseruan talkshow Bincang Karya Perempuan 2. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan Nasional, khususnya merayakan kiprah dari para perempuan pelaku UMKM di Indonesia, Meta melalui SheMeansBusiness, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Rahasia Gadis menggelar acara talkshow dengan mengusung tema “Bincang Karya Perempuan 2.0: Ketika Perempuan Ambil Peran”, Rabu (23/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kiprah perempuan pelaku UMKM. Pasalnya, lebih dari 90 persen usaha di Indonesia merupakan UMKM dan hampir 65 persen UMKM dikelola oleh perempuan.

Bincang Karya Perempuan 2.0 menghadirkan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Siti Azizah sebagai pembicara utama bersama enam pembicara lainnya yang berupaya mengungkap kiprah perempuan pelaku UMKM melalui program Karya Perempuan 2.0.

Di antaranya, Manajer Program Kebijakan Publik Meta di Indonesia Dessy Sukendar, Sekretaris Jenderal YCAB Adellene Tanuri, Co-Founder Rahasia Gadis Dhika Himawan, perwakilan Rahasia Gadis Leader, dan perwakilan 10 Heroes Karya Perempuan.

"Perempuan pelaku usaha masih banyak yang butuh pelatihan untuk penguatan kewirausahaan dari pembukuan sampai ke pemasaran, semua tahap juga bisa didigitalisasi. oleh karena itu, terima kasih kepada YCAB dan Meta untuk pelatihan Karya Perempuan ini, karena telah memberikan penguatan penguatan penting untuk perempuan pelaku usaha kita di Indonesia", ucap Siti Azizah dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (24/11).

Azizah menuturkan, sebanyak 10 Heroes Karya Perempuan merupakan merupakan milik 10 perempuan pelaku UMKM yang terpilih dan diharapkan dapat menginspirasi serta memotivasi perempuan lainnya untuk merdeka secara finansial.

Melalui Karya Perempuan, para perempuan pelaku UMKM diberikan ruang untuk memasarkan produknya dengan Katalog Karya Perempuan di Whatsapp Business.

Program ini juga memberikan pelatihan pemasaran digital dan literasi keuangan berbasis digital yang dapat diakses dengan WhatsApp Bot Ibu Harta.

Perempuan menjadi salah satu faktor penggerak penting dalam pemulihan seluruh sektor dan pembangunan ekonomi di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News