DKPP Jabar: Wabah PMK Diprediksi Akan Berakhir 2035

Kamis, 24 November 2022 – 16:07 WIB
DKPP Jabar: Wabah PMK Diprediksi Akan Berakhir 2035 - JPNN.com Jabar
Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Supriyanto. Foto: Source for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak diprediksi belum akan hilang setidaknya hingga 2035.

Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Supriyanto menjelaskan, tingginya jumlah hewan ternak seiring tingkat konsumsi masyarakat yang juga tinggi, termasuk di Jawa Barat. Hal itu pula lah yang dinilai menjadi sebab wabah PMK akan ada terus hingga 2035.

Selain itu, soal pencegahan, Supriyanto menyebut, tingkat kesadaran peternak akan kebersihan masih dirasa sangat kurang.

"Intinya pencegahan itu dari tingkat kebersihan," kata Supriyanto, saat menjadi pemateri dalam seminar Wartawan Pokja Gedung Sate dengan tema Jawa Barat Juara Menuju Bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (24/11).

Terlebih, kata Supriyanto, virus PMK sangat mudah menyebar atau menular dari satu hewan ke hewan lainnya.

Penyebaran bisa melalui kandang, kendaraan saat perpindahan, dan petugas peternakan yang tidak mengutamakan kebersihan.

"Harusnya sanitasi dan disinfeksi diutamakan. Kandang dan kendaraan harus rutin dibersihkan, termasuk dengan rutin membuang kotoran, lalu didisinfektan," ujarnya.

Supriyanto menambahkan, petugas peternakan juga harus mengutamakan kebersihan.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak diprediksi belum akan hilang setidaknya hingga 2035.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News